Kreativitas dan inovasi dalam fashion design yang tinggi menyebabkan berbagai bidang lain yang turut melengkapinya. Sebagai contoh, pakaian atau busana memiliki produk turunan yang hadir melengkapinya yaitu produk kecantikan seperti kosmetik, yang terdiri dari tat arias, tata rambut, serta parfum atau wewangian tubuh.
Selain itu, juga menumbuhkan beragam tempat olah tubuh dan estetika tubuh. Hal – hal tersebut menjadi suatu pola hidup yang tak bisa ditinggalkan. Perkembangan dunia lainya yang turut menunjang perkembangan fashion ialah fotografi khususnya fotografi fashion, advertising, dan agensi model beserta make-up artist.
Fashion dan photography menjadi dua hal yang berkaitan satu sama lainnya dikarenakan kebutuhan industri fashion dalam hal promosi dimana persaingan di dalam industri fashion dari waktu ke waktu semakin ketat.
Di dunia karier seorang fashion designer, promosi merupakan suatu proses yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan mereka dalam berkarir. Membuat publisitas usaha bisnis desain fashion dan menjual melalui catalog dan media online merupakan dua dari beberapa langkah dalam memasarkan produk fashion di industri fashion.
Selain itu, publikasi perdagangan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengawali karier atau bisnis di dunia fashion design. Jalan lain yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan dan menawarkan sebuah produk fashion baru ialah melalui figure populer yang sering muncul di media massa. Figure populer yang dimaksud disini ialah seperti selebritis atau public figure, tokoh, pakar, politisi, dan lain – lain yang dituntut untuk tampil modis dan berkelas.
Tak heran jika mereka menjadi pilihan karena figur – figur tersebut selalu menjadi sorotan media massa. Hal ini tentunya juga menunjang kesempatan strategi bagi fashion designer untuk memperkenalkan dan mempopulerkan sebuah tren fashion yang dirancang oleh fashion designer di media. Melalui media massa, tren fashion tersebut dapat dengan mudah diketahui oleh orang banyak dan menjadi tren.
Fashion Photography juga sangat berperan sebagai elemen dalam media massa, khususnya media cetak seperti majalah, tabloid, surat kabar. Seperti yang kita ketahui, fungsi elemen foto dalam media massa ialah sebagai bukti sesuai fakta bagaimana tampilan sebuah produk fashion secara real yang dihasilkan.
Selain itu, fashion photography dapat memberikan sebuah gambaran / ilustrasi kepada masyarakat yang pesannya lebih mudah diterima oleh masyarakat luas. Karena melalui sebuah gambaran yang real, kepercayaan masyarakat terhadap gambaran tersebut akan kuat.
Sebuah bukti bahwa fotografi memiliki peranan yang kuat dalam industri fashion ialah saat sebuah tren diterima oleh kelompok pecinta fashion yang lebih luas, ditandai dengan banyaknya masyarakat yang membeli dan mengenakan produk tersebut, tren sudah menjadi milik khayalak. ( Fadila dan Kusmayadi 44 - 46 )
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Peranan Fashion Photography sebagai Promosi di Industri Fashion "
Post a Comment