www.tirtarimba.blogspot.com
- Motivasi – Biggs dan Tufler yang
dikutip dari Sutama (2000:36): Motivasi ialah dorongan mental yang menggerakkan
dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi
terkandung keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan
mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
- Motivasi – Cara untuk menumbuhkan
motivasi berprestasi dalam kegiatan belajar di sekolah, menurut Sardiman
(2002:89), adalah sebagai berikut: a) Memberikan angka, b) Hadiah, c) Memberi
ulangan, d) Mengetahui hasil, e) Pujian, f) Hukuman.
- Motivasi – Gibson (1995:94),
“motivasi ialah konsep yang menguraikan tentang kekuatan-kekuatan yang ada
dalam diri siswa yang memulai dan mengarahkan perilaku”.
- Motivasi – Mc. Clelland dalam Sri
Esti Wuryani Djiwandono (2002:135), “berprestasi adalah mencapai prestasi,
kesuksesan atau keberhasilan dibidang tertentu”.
- Motivasi – Muhibbin Syah (2008:136):
Motivasi ialah keadaan internal organisme baik manusia ataupun hewan yang
mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Dalam pengertian ini, motivasi berarti
pemasok daya (energizer) untuk bertingkah laku secara terarah.
- Motivasi – Poerwadarminto (1995:705),
“motivasi diartikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau
tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu”.
- Motivasi – Sardiman (2002:82-83)
indikator motivasi berpestasi adalah sebagai berikut: 1) Tekun
dalam menghadapi tugas, 2) Ulet dan tidak mudah putus asa, 3) Menerima
pelajaran dengan baik untuk mencapai prestasi, 4) Senang belajar mandiri, 5)
Senang, rajin dalam belajar dan penuh semangat, 6) Berani mempertahankan
pendapat bila benar, 7) Suka mengerjakan soal-soal latihan.
- Motivasi – Weiner dalam Sri Esti
Wuryani Djiwandono(2002:355) yang menyatakan bahwa siswa yang termotivasi untuk
mencapai prestasi ingin dan mengharapkan sukses, serta siswa yang motivasi
berprestasinya tinggi cenderung sukses dalam mencapai prestasi belajarnya
menunjukkan bahwa ada pengaruh antara motivasi berprestasi dengan prestasi
belajar.
- Motivasi – Wlodkoski dalam Sri Esti
Wuryani Djiwandono (2002:330-342) salah satu teori motivasi berprestasi adalah
hadiah dan penguat (reward dan reinforcer), menunjukkan bahwa ada
hubungan atau pengaruh antara motivasi berprestasi dengan reward.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Definisi dan Teori Motivasi"
Post a Comment