Penilaian portofolio dapat digunakan sebagai alat formatif maupun sumatif. Portofolio sebagai alat formatif digunakan untuk memantau kemajuan peserta didik dari hari ke hari dan mendorong peserta didik dalam merefleksi pembelajaran mereka sendiri. Portofolio seperti ini difokuskan pada proses perkembangan peserta didik dan digunakan untuk tujuan formatif dan diagnostik. Penilaian portofolio ditujukan juga untuk penilaian sumatif pada akhir semester atau akhir tahun pelajaran. Hasil penilaian portofolio sebagai alat sumatif ini dapat digunakan untuk mengisi angka rapor peserta didik, yang menunjukkan prestasi peserta didik dalam mata pelajaran tertentu.
1. Tujuan Penilaian Portofolio
Pada hakikatnya tujuan penilaian portofolio adalah untuk memberikan informasi kepada orang tua tentang perkembangan peserta didik secara lengkap dengan dukungan data dan dokumen yang akurat. Rapor merupakan bentuk laporan prestasi peserta didik dalam belajar dalam kurun waktu tertentu. Portofolio merupakan lampiran dari rapor, dengan demikian rapor tetap harus dibuat.
Tujuan portofolio ditetapkan oleh apa yang harus dikerjakan dan siapa yang akan menggunakan penilaian portofolio tersebut. Fakta yang paling penting dalam portofolio adalah digunakannya tes tertulis (paper and pencil test), project, product, dan catatan kemampuan (records of performance). S.Surapranata dan M.Hatta (2004 : 76) mengemukakan penilaian portofolio dapat digunakan untuk mencapai beberapa tujuan, yaitu “menghargai perkembangan yang dialami peserta didik, mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangsung, memberi perhatian pada prestasi kerja peserta didik yang terbaik, merefleksikan kesanggupan mengambil resiko dan melakukan eksperimentasi, meningkatkan efektifitas proses pengajaran, bertukar informasi dengan orang tua/wali peserta didik dan guru lain, membina dan mempercepat pertumbuhan konsep diri positif pada peserta didik, meningkatkan kemampuan melakukan refleksi diri, membantu peserta didik dalam merumuskan tujuan”.
2. Fungsi Penilaian Portofolio
Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa portofolio merupakan kumpulan karya peserta didik yang disimpan dalam sebuah file. Namun demikian, bukan berarti portofolio hanya merupakan tempat penyimpanan hasil pekerjaan peserta didik melainkan juga sebagai sumber informasi bagi guru, orang tua dan peserta didik itu sendiri. Portofolio dapat dijadikan sebagai bahan tindak lanjut dari suatu pekerjaan yang telah dilakukan peserta didik, sehingga guru dan orang tua mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.
Fungsi penilaian portofolio dapat kita lihat dari berbagai segi, yaitu :
- Portofolio sebagai sumber informasi bagi guru dan orang tua untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan kemampuan peserta didik, tanggung jawab dalam belajar, perluasan dimensi belajar, dan inovasi pembelajaran.
- Portofolio sebagai alat pembelajaran merupakan komponen kurikulum, karena portofolio mengharuskan peserta didik untuk mengoleksi dan menunjukkan hasil kerja mereka.
- Portofolio sebagai alat penilaian otentik (authentic assessment).
- Portofolio sebagai sumber informasi bagi peserta didik untuk melakukan self-assessment. Maksudnya, peserta didik mempunyai kesempatan yang banyak untuk menilai diri sendiri dari waktu ke waktu Selanjutnya, Direktorat PLP-Ditjen Dikdasmen-Depdiknas (2003 : 123) mengemukakan bahwa penilaian portofolio dapat digunakan untuk :
- Memperlihatkan perkembangan pemikiran atau pemahaman siswa pada periode waktu tertentu.
- Menunjukkan suatu pemahaman dari beberapa konsep, topik, dan isu yang diberikan.
- Mendemonstrasikan perbedaan bakat.
- Mendemonstrasikan kemampuan untuk memproduksi atau mengkreasi suatu pekerjaan baru secara orisinal.
- Mendokumentasikan kegiatan selama periode waktu tertentu.
- Mendemonstrasikan kemampuan menampilkan suatu karya seni.
- Mendemonstrasikan kemampuan mengintegrasikan teori dan praktik.
- Merefleksikan nilai-nilai individual atau pandangan dunia secara lebih luas.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Tujuan dan Fungsi Penilaian Portofolio "
Post a Comment